Lion; Perjalanan Panjang Saroo Brierley

lion-movie-poster-dev-patel-1lion-nicole-kidman-4

Sunny Pawar stars in LION Photo: Mark Rogers

Sunny Pawar stars in LION
Photo: Mark Rogers

lion-pic-2

Diangkat dari kisah nyata yang dialami sendiri oleh Saroo Brierley, Lion yang diarahkan oleh sineas asal Inggris, Garth Davis bukan saja membuat para penontonnya “banjir” air mata tapi juga mendapatkan inspirasi tersendiri dari perjuangan Saroo mencari keluarga aslinya setelah terpisah selama 25 tahun lamanya. Aktor kelahiran Inggris berdarah India Dev Patel didapuk sebagai Saroo dewasa.

Film produksi The Weinstein Company ini sendiri bukan saja indah secara emosional berkat tangan Davis yang sebelumnya lebih dikenal sebagai seorang sineas miniseri televisi (Top of the Lake, Love My Way) dan juga beberapa film dokumenter tapi juga berkat skrip Luke Davis yang menyentuh berdasarkan adaptasi dari “A Long Way Home”, memoar yang ditulis Saroo Brierley beberapa tahun silam.

Lion juga menerima review yang terbilang menarik dari kalangan perfilman dunia. Tidak heran bila di ajang Academy Awards 2017, film ini memborong 6 nominasi Oscar, termasuk untuk kategori penuh gengsi “Best Motion Picture of The Year” bersaing dengan “La La Land” yang juga dipuji kritikus film sebagai ‘film paling orisinal’.

Dibintangi oleh sederet aktor beraksen Inggris kental seperti Dev Patel, Rooney Mara, David Wenham, hingga aktris senior Nicole Kidman, Lion bukanlah film ecek-ecek yang khusus menjual air mata, tapi merupakan sebuah film yang lengkap dan ‘memuaskan’. Film ini sendiri diputar perdana pada ajang Festival Film Internasional Toronto pada September 2016.

Bagaimana lika-liku Saroo yang kehilangan jati diri sejak usia 5 tahun kembali merajutnya setelah 25 tahun? Lion mengungkapkannya untuk para penonton dalam durasi yang cukup panjang, 118 menit. Di Indonesia, Lion diputar perdana di ajang Festival Sinema Australia Indonesia 2017 sebagai film pembuka pada akhir Januari silam. Publik Indonesia sendiri dapat menonton Lion di bioskop-bioskop mulai awal Februari 2017. (Wal)

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s