Little Women; Salah Satu Karya Monumental Greta Gerwig

Greta Gerwig dikenal sebagai salah satu sineas perempuan yang aktif mengangkat isu perempuan ke dalam filmnya. Setelah sukses membuat Lady Bird pada 2017 dan menuai pujian di sana sini. Pada awal tahun 2020 ini akhirnya kita bisa menyaksikan (lagi) secara langsung karya lain Gerwig yang tidak jauh-jauh dari isu tentang perempuan. Tak lain adalah “Little Women”, yang juga merupakan naskah adaptasi dari novel klasik laris karya Louisa May Alcott pada tahun 1868.

Kisahnya tentu dimulai pada tahun 1868, saat Jo March (dimainkan oleh Saoirse Ronan) yang menjadi seorang guru di New York City. Dia pergi ke editor di kota itu, Mr. Dashwood (Tracy Letts) untuk mengirimkan cerita yang akan diterbitkan. Cerita itu tak lain adalah kisah tentang keluarga March yang terdiri dari empat bersaudari. Lengkap dengan drama di dalamnya.

Karakter yang ada dalam “Little Women” sendiri termasuk klasik dan banyak diingat oleh pecinta novel. Konon novel ini juga disebut-sebut sebagai karya terbaik tentang gambaran perempuan di abad 20.

Selain Jo yang cenderung liar dan mencintai kebebasan, ada adiknya Amy (dimainkan oleh Florence Pugh), lalu ada kakak tertua mereka yang anggun dan sangat berhati-hari Meg (dimainkan oleh Emily Watson), last but not least, ada Beth (dimainkan oleh Eliza Scanlen) si bungsu yang pintar bermusik dan suka main piano.

Karakter lain yang cukup menonjol dalam film ini adalah Bibi March (dimainkan oleh aktris senior peraih Oscar, Meryl Streep. Selain itu karakter pria yang juga kuat dan menonjol dalam film ini ada Laurie (dimainkan oleh Timothée Chalamet), tetangga ke-4 perempuan muda ini dan Friedrich Bhaer (dimainkan oleh Louis Garrel), seorang profesor di New York City.

Menariknya. film garapan Greta Gerwig ini adalah adaptasi film ke 7 tentang Little Women yang diangkat ke layar lebar. Deretan cast yang sungguh menjanjikan dengan enam nominasi piala Oscar 2020 (termasuk untuk kategori Film Drama Terbaik) membuat film ini tentu pantang terlewatkan. (Wal/ Foto: Dokumentasi Columbia Pictures)
Little Women 1Little Women 2Little Women 3Little Women 4

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s