Violet Evergarden; Cinta Sejati Lewat Sepucuk Surat

Gempuran film-film anime Jepang yang kemudian masuk ke bioskop selama masa pandemi Covid-19 terbilang mencengangkan. Setelah Demon Slayer The Movie sukses sebagai film terlaris di Jepang pada tahun 2020 dan didapuk juga sebagai film terlaris sepanjang masa di Jepang, kini di awal Maret 2021 giliran Violet Evergarden yang disutradarai oleh Taichi Ishidate untuk memikat para penonton bioskop Indonesia.

Violet Evergarden adalah sebuah nama. Dia merupakan salah satu boneka penulis surat yang bekerja di layanan pos CH Kota Leiden. Violet adalah veteran perang, saat perang selesai, dia pun mulai berkarir di kantor pos itu. Perusahaan Pos CH punya layanan menulis surat yang dilakukan oleh para boneka. Tercatat ada dua boneka di kantor pos ini, Violet dan Iris.

Pada akhirnya Violet menjadi paling favorit di situ karena dianggap mampu menuliskan perasaan si pengirim surat dengan baik. Dia juga didapuk sebagai penulis himne dengan tema laut khusus untuk Festival Laut Leiden.

Saat Violet masuk ke dunia militer untuk menjadi tentara. Dia bertemu Gilbert, seorang mayor militer. Gilbert adalah mentor dan pelindung. Gengsi keduanya membuat Gilbert dan Violet tidak sempat menyatakan cinta. Tapi buat Violet, Gilbert adalah cinta sejatinya yang tidak pernah hilang walaupun perang telah usai dan keberadaan Gilbert masih menjadi misteri.

Anime dengan durasi 2 jam 20 menit ini secara khusus menyoroti unsur-unsur romantis, mulai dari situasi langit biru, laut dan debur lembut ombaknya, bangunan bergaya victorian hingga bunga-bunga beraneka warna yang khas. Ada juga mesin tik tua sebagai pemanis kisah. Semua digambarkan secara lawas dan tua namun tetap memikat.

Dalam sesi gala premiere-nya, para tamu undangan yang hadir di bioskop Kota Kasablanka pada 28 Februari 2021 lalu juga diminta untuk menuliskan surat cinta kepada seseorang yang dimasukkan ke dalam kotak pos unik di depan layar bioskop, surat yang memikat akan menerima hadiah khusus dari panitia. Sebuah cara yang unik untuk menyampaikan pesan tentunya. (Teks: Freddy Wally/Foto: ABC Animation)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s