Spiral; Dimensi Ke-9 Dari Saw Universe Yang Kelam

on

Sejak kemunculan SAW di dekade awal tahun 2000-an, franchise film ini dengan brilian sukses mendapatkan tempat di hati banyak pecinta film dunia karena menawarkan ketegangan yang intens, walaupun terbilang sadis dan penuh darah. Di film ke-9 dari waralaba ini, Saw kembali dengan judul Spiral. Film ini sendiri harusnya tayang pada 2020, karena pandemik Covid-19 ditunda hingga Mei 2021.

Adalah dua detektif di Metro, Zeke Banks (Chris Rock) dan William Schenk (Max Minghella) yang kebetulan mendapatkan kerjaan untuk menyelidiki sebuah kasus pembunuhan yang secara jelas meniru Jigsaw, si pembunuh berantai nan sadis. Mengapa Jigsaw bisa bangkit kembali? Padahal jelas-jelas dia sudah tewas beberapa tahun lalu. Apa motif utama dari peniru Jigsaw ini?

Setelah berjalan beberapa menit, penonton akhirnya sadar bahwa Jigsaw dalam “Spiral” khusus menyasar polisi-polisi di Metro yang punya latar belakang dan dosa juga penuh intrik dan cenderung kotor saat bertugas. Rumit memang. Serumit Zeke dan William harus menemukan pembunuh yang terus berkeliaran dan terus memberikan clue berupa kotak hijau yang ditata seperti paket cantik.

Darren Lynn Bousman sebagai sutradara dalam film ini tentu masih terus menyajikan adegan pembunuhan brutal yang dilakukan oleh Jigsaw dengan fokus hanya pada salah satu bagian tubuh korban. Bagian tubuh yang kemudian terlepas dari tubuh utama tersebut dan dijadikan suvenir kiriman berupa clue tentu saja membuat geram Zeke dan William karena korbannya semakin mendekat ke lingkaran dalam Zeke.

Sesuai judulnya, Spiral. Kita sebagai penonton tentu juga akan disuguhi banyak gambar grafis atau bahkan mural Spiral berwarna merah di setiap adegan utama film ini. Selain itu, topeng babi yang jadi ciri khas Jigsaw masih ikut serta dalam teka-teki sadis yang ditebar.

Selain Max Minghella yang kalem dan berdarah Italia, film ini juga menampilkan Marisol Nichols sebagai Kapten Angie yang tegas dan penuh wibawa. Last but not least, ada Samuel L.Jackson yang tidak sekadar cameo namun juga jadi intisari film dengan durasi mencapai 93 menit ini.

Untuk Anda yang tertarik dengan film-film pembunuhan sadis dengan latar belakang kepolisian seperti Seven, Spiral bisa jadi akan menjadi favorit Anda yang terbaru. Film ini sendiri menjadi salah satu kontender film di Lebaran 2021. Selamat datang di ranah baru Saw yang berbeda dan lebih kelam. (Teks: Freddy Wally/Foto: Lionsgate)

CHRIS ROCK sebagai Detektif Zeke Banks, harus memburu peniru Jigsaw dengan waktu yang kian sempit.
Topeng babi yang menjadi ciri khas dari Saw universe masih ikut tampil dalam film ke-9 ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s