Sandiaga Uno: Melestarikan budaya serta peningkatan kreativitas artinya membuka kesempatan lapangan kerja

Dari Rejowinangun – Jawa Tengah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno disambut meriahnya pertunjukan wayang kulit yang dipentaskan oleh dalang cilik saat sedang kunjungan kerja.

Saat berbincang dengan dalang cilik berusia 9 tahun yang juga seorang Youtuber dengan konten wayang, Sandi menjelaskan bahwa sang dalang cilik yang bernama Adimas Alby Ersani Widyaputra mengaku telah belajar mendalang sejak berusia 3,5 tahun secara otodidak. Dalang cilik yang akrab disapa Alby ini selalu mengenalkan keahlian mendalangnya di kanal Youtube-nya.

Alby juga menambahkan bahwa konten Youtube-nya memang dibuat untuk mempromosikan serta melestarikan kebudayaan wayang yang digelutinya.

“Ini saya subcribe ya, karena saya sangat kagum dengan Alby yang ikut melestarikan budaya nasional,” kata Sandiaga. Menariknya, saat Sandiaga menekan tombol subscribe, pengikut akun Alby pun langsung naik menjadi 1.000-an subscriber. Menakjubkan!

Fakta lain tentang Alby, dia tercatat adalah keturunan ke-9 dari mbah canggahnya yaitu sang kakek buyut yang dikenal juga sebagai seorang dalang ternama  namanya mbah Gondo. Kecintaannya dengan wayang bisa terlihat sampai di rumahnya karena di pendopo rumahnya ada pajangan wayang lengkap.

Alby juga tercatat sering mengikuti lomba dan beberapa kali telah memenangkan berbagai perlombaan. Dia juga punya prinsip bahwa sekolah dan wayang harus lah seimbang, sehabis pulang sekolah, sanggar atau mengaji, dia merekam konten Youtube yang isinya video dia memainkan wayang yang direkam seadanya lewat ponsel orang tuanya.

Sandiaga menegaskan bahwa bocah yang duduk di bangku kelas tiga sekolah dasar ini harus didukung penuh hobinya, karena sedikit banyak, dia telah mengenalkan dan meletarikan budaya asli Indonesia.

“Melestarikan budaya memang harus dimulai dari anak-anak khususnya budaya wayang seperti yang dilakulan oleh Alby. Nanti saya akan ajak Alby untuk tampil di Washington DC, Amerika Serikat”, terang Sandiaga Uno.

Untuk menambah kreativitas mas Menteri, demikian panggilan akrab Sandiaga Uno, dia pun membelikan wayang pandawa lima untuk Alby, yang dipesan langsung di para pengrajin wayang yang ada di desa Rejowinangun yang juga sentra kerajinan wayang kulit di Jawa Tengah.

Selain membelikan Alby seperangkat wayang pandawa lima, Sandiaga juga ikut mempekerjakan pengrajin lokal karena wayang pesanana itu akan made by order alias buatan tangan khusus dari kulit kerbau pilihan dan tongkatnya terbuat dari tanduk.

“Saya sudah berikan Rp10 juta untuk beli wayangnya,” tuturnya.  Sandi juga akan membelikan ponsel canggih dimana itu akan sangat membantu Albi saat membuat konten wayang di kanal Youtube-nya. 

Alby sendiri sempat curhat ke mas Menteri yang meminta kontennya di promosikan. “Ayo pak promosikan bilang suruh subcribe dan follow konten alby, hehehe…,” tuturnya. Alby juga mengaku hanya perlu dipromosikan supaya anak-anak Indonesia lainnya bisa menganal kesenian wayang sehingga kesenian ini tidak punah termakan waktu.(Teks: FreddyWally/Foto: Koleksi Kemenparekraf)

Sandiaga berpose dengan Albi, seorang dalang cilik yang juga YouTuber di Rejowinangun, Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s