Kentongan dan Shalawat Nabi Tanda Antusiasme Warga Desa Wisata Saung Ciburial Sambut Menteri Sandiaga Uno

Kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno disambut antusias oleh warga Desa Wisata Saung Ciburial, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Padahal lokasi tersebut baru saja diguyur oleh hujan deras bahkan saat kedatangaan Mas Menteri hujan rintik masih mengguyur. 

Hujan ternyata tidak menurunkan antusiasme warga masyarakat desa itu untuk menyambut Mas Menteri, panggilan akrab Sandiaga Uno. Tidak hanya itu, terdengar juga suara shalawat dan kentongan yang dipukul bertalu-talu saat kedatangan Sandiaga. Terlihat juga emak-emak dengan baju daster dan anak-anak tersenyum gembira berkumpul sepanjang jalan menyambut Mas Menteri. 

Kedatangan Sandiaga Uno di Desa Wisata Ciburial-Garut yang dikenal juga sebagai lokasi ikonik Domba Garut.

Salah satu warga bernama Desi mengaku senang dengan kedatangan Sandiaga Uno ke desanya. “Biasanya saya hanya melihat di TV tapi ini lihat langsung ternyata ganteng banget,” katanya saat menyambut kedatangan Sandi dengan memegang kentongan. 

Desi mengaku baru kali ini melihat pejabat sekelas menteri datang ke desanya. Menurutnya, harusnya sering-sering ada pejabat datang jadi bisa mengetahui kondisi kita ini. “Pak menteri orangnya ramah ya, tadi semua orang disapa,” tegasnya. 

Menanggapi sambutan terhadap dirinya, Sandiaga Uno mengaku tersanjung, Shalawat disenandungkan bertepatan dengan dirayakannya bulan lahirnya Rasulullah SAW. “Ini adalah  bagian dari kita memuliakanNya. Tapi kita juga memberikan satu pengingat edukasi sifat luhur beliau, salah satunya adalah sifat fathanah, amanah, siddiq dan tabligh,” katanya. 

Dan bagaimana bisa nyambung dengan pariwisata. Yaitu bagaimana penerapan wisata  juga harus mengacu sifat luhur Nabi,  “Jangan kita berkerumun saja, kalau pemerintah sudah tegaskan kita tegak lurus karena ini kita sudah buktikan dalam PPKM kemarin terbukti sukses dan diberikan apresiasi oleh masyarakat dunia,” tukasnya. 

“Jangan sampai di bulan Maulid ini acara keagamaan pun tidak mengacu pada protokol kesehatan, karena ada wisata religinya juga di situ”, tambahnya.

Seperti diketahui, Desa Wisata Saung Ciburial terletak di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Kota Garut. Desa Saung Ciburial terkenal sebagai penghasil sayur mayur segar untuk kota sekitarnya, ada juga perkebunan teh kewer yang hanya ada di tempat itu dan juga memiliki ikon Domba Garut yang terkenal luas.(Teks: FreddyWally/Foto: Dokumentasi Kemenparekraf)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s