Program Desa Wisata Menteri Sandiaga Uno Mewujudkan Harapan dan Mimpi Warga Desa di Indonesia

Tahun ini ada sesuatu yang berbeda dari Anugerah Desa Wisata. Program yang digagas langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melalui Menteri Sandiaga Uno bukan saja ikut memajukan pedesaan tetapi juga ekonomi masyarakat desa secara keseluruhan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam kunjungan kerjanya di Pangandaran beberapa waktu lalu menuturkan bahwa segala potensi yang ada di desa haruslah bisa dikembangkan. “Adanya program desa wisata ini otomatis membangkitkan ekonomi masyarakat desa lebih cepat dan juga lebih baik”, tandas Sandi.

Sandiaga Uno saat kunjungan kerja di Desa Wisata Selasari, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Desa Wisata Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat yang dikunjungi Sandiaga mendapatkan perhatian khusus dari Mas Menteri. “Disini kita bisa lihat, ekonomi masyarakat berkembang dengan baik dengan adanya program desa wisata,” katanya. 

Menurut Sandiaga potensi wisata satu desa akan ikut mengembangkan lokasi wisata yang ada di desa tersebut, mulai dari membuat suvenir suatu desa hingga jasa penginapan seperti homestay. Menariknya di desa wisata Selasari yang dikunjunginya, sport tourism punya potensi tersendiri karena di situ ada keindahan gua yang secara visual memanjakan mata para pelancong dan juga wisatawan. “Ada rafting atau tubing menyusuri sungai Santira yang tidak kalah asyik juga”, tambah Sandi.

Sandiaga menilai wisata budaya, kearifan lokal, dan toleransi beragama terbilang sangat kuat di Pangandaran.  Menparekraf juga mendorong penguatan desa-desa wisata sebagai salah satu kekuatan pariwisata nasional. Sehingga nantinya dapat membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan lebih bagi masyarakat.

“Salah satunya melalui penguatan atraksi berbasis narasi (storynomic tourism) sehingga dapat menimbulkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung,” tukasnya.

Sementara Kepala Desa Selasari, Udin Tugaswara menuturkan bahwa program desa wisata yang digagas Menteri Sandiaga membuat banyak desa yang sebelumnya tertinggal menjadi  berkembang dengan baik. Banyak kepala desa yang lalu jadi terharu dengan program tersebut pasalnya penduduk desa yang sebelumnya hanya bisa bertani atau berkebun dengan adanya desa wisata maka ada pekerjaan lain yang bisa dikerjakan. “Ini juga menciptakan lapangan kerja baru, kita sekarang berharap ke generasi muda untuk bisa ikut kembangkan desanya,” tuturnya.(Teks:FreddyWally/Foto: Dokumentasi Kemenparekraf)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s