Radioactive; Biopik Tentang Keluarga Ilmuwan Yang Digarap Ringan dan Menghibur

Marjane Satrapi dikenal sebagai salah satu sutradara berdarah Asia yang jenius di dunia perfilman. Karya perdananya berjudul Persepolis membuat sosok kelahiran 1969 ini menerima nominasi Oscar pertamanya sebagai “Best Animated Feature Film of the Year”. Tidak banyak film yang digarap Marjane sepanjang karirnya, salah satu film terbarunya yang seharusnya edar pada 2020 dan pada akhirnya edar tahun ini adalah biopik tentang ilmuwan perempuan kenamaan Maria Skolodowska atau dikenal sebagai Marie Curie.

Sam Riley dan Rosamund Pike beradu akting dalam biopik penuh cerita sejarah, Radioactive.

Marie Curie, dikenal sebagai penemu elemen radium dan polonium yang kemudian berkembang menjadi radioaktif. Bersama dengan suaminya, Pierre Curie, mereka mengubah dunia sains selamanya hingga kini.

Sebagai film sejarah, Marjane tergolong jeli untuk menggarap film biopik ini, tidak membuat bosan penontonnya karena diceritakan mengalir dan enak dinikmati. Bumbu drama percintaan, kerasnya hati Marie Curie yang diperankan oleh Rosamund Pike, membuat film ini bukan saja enak ditonton tapi juga menghibur.

Seperti sudah diketahui sebelumnya, suami isteri Curie mendapatkan Nobel di bidang fisika pada tahun 1903, hampir 120 tahun lalu. Marjane sendiri menggarap film ini dengan metode dan plot flashback. Penonton seolah-olah diajak berjalan-jalan dalam periode kehidupan Curie, dari sebelum menikah, sewaktu kecil, pertemuan pertama dengan Pierre Curie, kelahiran anak pertama hingga traumanya dengan bangunan rumah sakit.

Secara keseluruhan, untuk Anda yang menyukai kisah sejarah dan juga kisah tentang biopik, ini adalah cerita yang inspiratif dan juga menggugah. Bisa dinikmati tanpa harus membuat dahi berkerut karena diisi dengan tanggal atau pun tahun. Sebuah tontonan pas untuk pecinta sejarah dan juga film dengan muatan berbobot. (Teks: FreddyWally/Foto: Dokumentasi: Amazon Studios)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s