Sakra; Menengok Kembali Kejayaan Silat Tiongkok Yang Legendaris

Film produksi Wishart berjudul asli Tin Lung Baat Bou ini diproduseri oleh Jing Wong dan Donnie Yen dan dibalut dengan durasi 2 jam 10 menit. Sutradaranya adalah duet Wai-Man Cheng dan Donnie Yen, duet yang sama dengan dibalik kesuksesan dunia “Ip-man”. Ditulis skenarionya oleh Michael Chiang, film ini merupakan adaptasi dari novel legendaris bertajuk “Demi-Gods and Semi-Devils” atau dalam Bahasa Indonesia, Pendekar Negeri Tayli.

Tercatat, cerita tentang Pendekar Negeri Tayli pertama kali diterbitkan pada 3 September 1963 sampai 27 Mei 1966 di koran Ming Pao di Hong Kong. Kisah ini sejatinya telah beberapa kali diadaptasi juga ke dalam bentuk serial televisi dan film di beberapa negeri Asia Timur seperti Hong Kong, Tiongkok, dan Taiwan.

Novel yang kemudian diadaptasi dalam kisah film ini mempunyai rentang waktu cerita saat dinasti Song Utara berkuasa di Tiongkok kuno pada tahun 960-1127. Selain itu, ceritanya juga mencakup berbagai kerajaan non-Han (Tiongkok kuno) seperti negeri bernama Liao, Dali, Xia Barat, dan Tibet.

Sejak dunia Ipman “diperkenalkan” kepada penonton sinema layar lebar, kita sudah melihat bagaimana Donnie Yen begitu berambisi dalam mengembalikan kejayaan silat Tiongkok melalui gaya dan aksi wing chun yang legendaris. Di film ini, penonton pun masih akan disuguhi aksi-aksi silat wing chun ala Donnie yang sudah dibumbui oleh efek CGI memukau seperti aksi terbang dan juga membuat lawannya tidak berkutik dalam satu pukulan.

Hal ini tentu seperti mengingatkan kita kembali bagaimana silat Tiongkok begitu memesona di era 1980-an dan sempat merajai bioskop-bioskop tanah air. Secara plot, Sakra mengambil latar di tahun-tahun awal Dinasti Song, saat geng Khitan menginvasi Dinasti Song dan keduanya menjadi musuh bebuyutan.

Adalah seorang Qiao Feng (Donnie Yen), pemimpin geng mematikan dan seniman bela diri paling kuat di negeri Song yang kemudian dituduh membunuh wakil ketua geng karena sebuah skandal. Tak ayal, Feng pun dituduh sebagai antek Khitan yang kemudian membuatnya dikucilkan dalam dunia pergaulan dan tentu saja menjadi musuh semua orang. Darahnya mendadak jadi halal untuk siapa saja yang bisa menghabisinya.

Boleh dibilang Sakra adalah drama aksi laga memukau yang cocok untuk dinikmati oleh siapa pun yang rindu dengan momen aksi silat Tiongkok lawas dan kehadirannya bertepatan dengan datangnya Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023. Selamat menikmati setiap hentakan tarian silat peuh efek mencengangkan khas Donnie Yen! (Teks: Freddy Wally/Foto: Plus Entertainment)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s